Jumat, 04 Desember 2009

Jangan Pernah Menyerah



Pagi ini kuawali hariku dengan membuka internet.
Sambil berfikir apa yang akan saya lakukan di depan monitor, kusempatkan untuk langsung membuka blog. Pagi ini harus ada sesuatu yang berarti yang saya lakukan, setidak-tidaknya menuliskan untaian kalimat yang bisa merangsang giroh atau semangat untuk menjalani hidup yang kata orang-orang penuh dengan masalah dari hari ke hari.

Apkah anda adalah orang yang bermasalah??
kalau jawabannya y... Selamat!!! berarti ciri-ciri kehidupan masih melekat pada diri kita.
Setiap orang secara sunnatullah pasti mempunyai masalah. Tidak ada seorangpun yang hidup tanpa masalah. Hal yang mungkin perlu dipahami adalah bahwa masalah secara asal memang tidaklah mengenakkan karena defenis masalah itu sendiri adalah ketidaksesuaian antara apa yang kira harapkan dengan realita sesungguhnya yang terjadi.

Namun masalah juga bisa jadi menjadi sesuatu yang dilihat sebagai keindahan bagi orang-orang tertentu. Katanya, hidup yang ini terasa hampa biala tanpa masaalah atau bahasa yang sering dilontarkan adalah untuk menggambarkan masalah itu adalahsebuah tantangan yang harus diatasi. Nah! ketika masalah itu telah teratasi disitulah letak keindahannya dan pastinya kan memunculkan perasaan bahagia atau kepuasan tersendiri.

Bagaimana???

Masih pusing dengan permasalahan yang anda miliki? Jangan dipusingin karena pusing aja tidak akan pernah menyelesaikan permasalahan walaupun masalah yang sangat kecil apalagi ketika masalah yang mendera itu masalah yang besar. Sebuah masalah hanya akan terselesaikan ketika ada aksi riil yang kita lakukan untuk keluar dari masalah itu. "Tapi permasalahan yang saya alami ini sangat rumit, coba kalau orang lain yang mengalaminya pasti juga tidak akan mampu mengatasinya". Eits... tunggu dulu, tidak ada sebuah permasalah pun yang tidak bisa diselesaikan. Orang yang berpikir ada masalah yang tidak bisa diselesaikan bisa bahaya akibatnya. Di samping dia akan sangat sulit keluar dari masalah itu karena sugesti dari dirinya sendiri , bisa-bisa dia jatuh dalam jurang yang jauh lebih berbahaya. Karena kata Allah Dia tidak akan membebani hambanya dengan sesuatu yang berada di luar batas kemampuan hamba itu untuk mengatasinya. Jadi, hati-hati mengatakan bahwa permasalah yang sangat sulit itu tidak ada jalan keluarnya

Hal yang menjadi masalah sebenarnya dan merupakan masalah paling besar adalah ketika kita bersikap diam dan acuh terhadap permasalahan yang menimpa kita. Karena masalah itu muncul bukan tanpa sebab, maka penyebab itulah yang seharusnya didentifikasi dan kemudian dicarikan jalan keluarnya.

Mari kita jalani hidup ini apa adanya sesuai dengan sunnatullah dengan tetap berpegang pada rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh yang maha sega-galanya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar